Monday 30 September 2013

Proyektor LCD



PAPAN TULIS MODERN BERTEKNOLOGI TINGGI

A.  Definisi Papan Tulis Modern
Proyektor di Ruang Kelas SMA N 1 Kebumen
Akhir-akhir ini muncul peralatan elektronik yang menggantikan fungsi papan tulis sebagai media tulis. Alat yang dimaksud adalah proyektor. Proyektor adalah alat yang mengubah sinyal gambar atau video di komputer menjadi gambar yang diproyeksikan ke layar menggunakan sistem lensa. Proyektor biasa digunakan untuk sarana presentasi. Alat ini berfungsi untuk memperbesar gambar (visual) yang ada di dalam komputer, sehingga gambar yang ada di dalam komputer dapat dilihat oleh orang banyak. Proyektor sering disebut LCD proyektor

 Proyektor bekerja dengan menggunakan sinar yang dibiaskan oleh lensa cekung sehingga gambar yang dihasilkan menjadi besar tanpa mengurangi warna yang ada. Proyektor juga terdapat di ruang-ruang pertemuan atau meeting room, tetapi, sekarang proyektor sudah ada di tempat-tempat lain seperti ruang kelas. Proyektor di ruang kelas sangat berguna karena dapat mempermudah siswa untuk belajar memahami materi yang dipresentasikan. Dalam kehidupan sehari-hari proyektor terkadang digunakan untuk menonton film bersama-sama.

A.  Macam-macam LCD Proyektor

1.    Proyektor Digital
Proyektor digital adalah peralatan teknologi modern yang digunakan untuk memindahkan data gambar secara langsung dari komputer ke sebuah layar melalui sistem lensa. Proyektor digital menyediakan visualisasi data yang sebenarnya yang disimpan dalam komputer untuk presentasi.
2.   Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar. Gambar yang dihasilkan proyektor LCD memiliki kedalaman warna yang baik karena warna yang dihasilkan oleh panel LCD langsung dibiaskan lensa ke layar





3. Proyektor CRT
CRT atau sering disebut juga dengan Catoda Ray Tube.  Jenis proyektor ini terdiri dari tiga CRT dan lensa pembesar yang digunakan untuk melemparkan sebuah gambar ke layar sehingga proyektor semacam ini bekerja dengan baik untuk menghasilkan kontras yang besar dan memberi pemirsa kualitas gambar film yang sangat memuaskan.

Proyektor CRT
 
 4. Proyektor DLP

 Digital Light Processing  atau Pemrosesan Cahaya Digital menampilkan gambar dengan piksel yang dapat diminimalisasi dengan baik oleh teknologi DLP dan kontras warna yang dihasilkan sangat baik dengan kualitas warna hitam yang lebih baik. 

Proyektor DLP


5. Proyektor LCOS
Pada proyektor ini digunakan penggabungan antara LCD dan DLP teknologi. LCOS merupakan proyektor terbaik dalam menghasilkan tampilan gambar pada screen dengan warna yang lebih baik dibanding jenis proyektor lain.
Proyektor LCOS


A.  Cara Kerja Proyektor
Proyektor bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan
oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru.
Dalam mengoperasikan atau menggunakan proyektor, terdapat beberapa tahap. Pertama, hubungkan proyektor dengan listrik menggunakan kabel power, apabila lampu indikator power menyala oranye, berarti proyektor siap dipakai. Kedua, buka tutup lensa. Ketiga, tekan tombol power sekitar 2 detik (di panel proyektor atau remote), tunggu sampai indikator berwarna hijau dan display tampil penuh selama 10-30 detik. Selanjutnya, nyalakan semua peralatan yang menjadi input (CPU, Notebook, video player , dan lain-lain). Terakhir, tekan source (input) untuk memilih input yang akan ditampilkan atau automaticsource dalam kondisi "On", silahkan menunggu 5-10 detik untuk pencarian input.
B.  Perbandingan antara Penggunaan Proyektor dan Papan Tulis Interaktif
Beberapa fungsi dari proyektor yaitu sebagai alat presentasi, alat pemutar video, dan media informasi. Sebagai alat presentasi, proyektor membuat presentasi menjadi lebih hidup karena dengan tampilan gambar atau tulisan itu kita dapat memberikan presentasi yang lebih dinamis. Selanjutnya, fungsi proyektor adalah pemutar video. Kita dapat menikmati bioskop di dalam rumah. Ini disebabkan proses tampilan yang terjadi di bioskop bisa kita tampilkan di rumah, yaitu dengan proyeksi. Tambahan pula, proyektor dapat digunakan sebagai media informasi. Mengapa demikian? Karena proyektor dapat menampilkan tampilan denga layar besar, maka proyektor sangat efektif untuk dijadikan sebagai media informasi.
          Peralatan yang hampir sama dengan proyektor adalah Papan Tulis Interaktif. Fungsi antara kedua teknologi tersebut hampir sama, hanya saja penampilannya yang berbeda. Papan tulis interaktif merupakan papan tulis digital yang menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen) sedangkan proyektor merupakan teknologi yang menggunakan lensa cekung untuk membiaskan cahaya dan ditampilkan dengan sebuah layar. Namun, keduanya sering digunakan sebagai alat presentasi.

Sumber
2.    http://saoirsegita.blogspot.com/2010/12/jenis-jenis-proyektor.html?m=1 
3.    http://www.tritamamandiri.com/cara-kerja-lcd-proyektor  



(Dari kiri ke  kanan) Amin, Alan, Laila, dan Dayah

1.            Alan Eratnto                      ( 01 )

2.            Miftakul Amin                    ( 21 )

3.            Laila Nutfatun Ni’mah     ( 18 )

4.            Nur Hidayah                      ( 26 )

 

No comments: