Monday 30 September 2013

JEJARING SOSIAL



JEJARING SOSIAL

A. Pengertian Jejaring Sosial
          Jejaring  sosial  atau  yang  sering  disebut  dengan  “sosial media”  adalah struktur  sosial  yang  terdiri dari elemen-elemen  individual atau organisasi,  yang  diikat  dengan  satu  atau  lebih  tipe  relasi  spesifik, seperti nilai, visi, ide, teman,  keturunan. Jejaring  ini  menunjukan  tempat  mereka berhubungan  karena  kesamaan  sosialitas,  mulai  dari  mereka  yang  dikenal sehari-hari  sampai  dengan  keluarga.  Istilah  ini  diperkenalkan  oleh  Profesor J.A. Barnes di tahun 1954.

B. Sejarah Jejaring Sosial
Sejak adanya internet, banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antarkomputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antarmantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini. 
                                                            
C. Macam-macam   Jejaring  Sosial
 Berikut  ini  macam-macam  jejaring  sosial  yang  terkenal  di  seluruh  dunia.


Gambar 1. Logo facebook
Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial paling populer saat ini. Situs ini diprakarsai oleh Mark ZuckerbergEduardo SaverinDustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.

Gambar 2. logo twitter
Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Twitter dibangun oleh Jack DorseyNoah GlassEvan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter.




                            
Gambar 3. logo google+
Google+ dapat  dibilang merupakan jejaring sosial paling baru. Dibuat  pada 28 Juni 2011. Kini pengguna Google+ sudah mencapai 170 juta orang. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video.
4.  Linked In



Gambar 4. Logo linked in
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

E. Dampak Negatif dan Positif Jejaring Sosial
           Menurut webikhwan.blogspot.com, setiap kegiatan manusia selalu memiliki dampak positif dan dapak negatif. Begitu juga dengan jejaring sosial, memiliki dampak ari berbagai tempat di dunia. Selain itu pengguna juga dapat saling berkirim pesan, positif maupun negatif. Dampak positif adalah pengaruh baik yang ditimbulkan dari suatu kegiatan. Sedangkan dampak negatif adalah pengaruh buruk yang ditimbulkan dari suatu kegiatan.
Dampak positif jejaring sosial dibagi menjadi tiga, yaitu dampak di bidang ilmu pengetahuan, sosial, dan ekonomi. Dampak positif di bidang ilmu pengetahuan adalah akibat yang ditimbulkan jejaring sosial yang berkaitan dengan peningkatan ilmu pengetahuan pengguna. Dengan adanya jejaring sosial pengguna dapat saling bertukar informasi dengan pengguna yang lainnya mengenai suatu berita.
Dampak positif di bidang sosial adalah pengaruh yang ditimbulkan jejaring sosial yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Kehidupan dalam hal ini adalah kehidupan di dalam dunia maya. Dampak di bidang sosial ini mencakup banyak hal, antara lain pengguna dapat mempunyai  banyak teman di jejaring sosial dengan mengomentari status orang lain, dan berbagi status kepada orang lain. Dampak positif jejaring sosial ini pada umumnya bertujuan meningkatkan tali persaudaraan antar pengguna jejaring. Hal ini akan sangat membantu jika orang yang akan diberi informasi adalah umum.
Dampak positif jejaring sosial di bidang ekonomi adalah pengaruh yang ditimbulkan kegiatan jejaring sosial yang berkaitan dengan masalah perekonomian. Dengan adanya jejaring sosial, pengguna akan lebih menghemat biaya, karena dia bisa menyampaikan informasi kepada orang lain tanpa harus menemuinya secara langsung.
Dampak negatif jejaring sosial dibagi menjadi tiga, yaitu dampak di bidang sosial masyarakat, pendidikan, kesehatan, dan moral. Dampak negatif di bidang sosial masyarakat adalah pengaruh buruk yang ditimbulkan akibat kegiatan jejaring sosial yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Dampak yang ditimbulkan antara lain, pengguna jejaring sosial kurang berinteraksi dengan masyarakat dan menjadi kurang berkomunikasi dengan masyarakat.
Dampak negatif di bidang pendidikan yaitu pengaruh buruk yang ditimbulkan oleh kegiatan jejaring sosial yang berkaitan dengan pendidikan. Dampaknya yaitu menimbulkan rasa malas untuk belajar. Selain itu pengguna jejaring sosial menjadi kurang bergairah dalam belajar, dan kurangnya pemahaman bahasa yang baku karena telah terbiasa menggunakan bahasa gaul.
Dampak negatif di bidang kesehatan adalah pengaruh buruk yang ditimbulkan yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Dampak yang ditimbulkan antara lain  pengguna  dapat  menderita  penyakit  tulang karena osisi duduk yang  salah, mata  menjadi  rusak, dan gangguan pada leher.
Dampak negatif di bidang moral adalah pengaruh buruk yang berkaitan dengan pendidikan karakter, sikap, dan sopan santun. Dampak yang ditimbulkan yaitu pengguna menjadi bersikap egois atau mementingkan diri sendiri, kurang sopan dalam berbicara, dan kurangnya perilaku toleransi, serta renggangnya persaudaraan dengan teman di dunia nyata.










Anggota Kelompok:
*      Bimo Teguh P.                             (07)
*      Churotul Ismi                     (08)
*      Siti Nur Sa’adah                  (28)
*      Yusuf Gigih Pramuji             (31)

2 comments:

Unknown said...

tulisannya sangat bermanfaat sekali thanks

Unknown said...

tulisannya sangat brmanfaat , thanks