Monday 21 October 2013

Sistem Operasi Komputer



SISTEM OPERASI KOMPUTER
A.   Pengertian
Sistem operasi (operation system) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. Sistem operasi merupakanprogram yang menghubungkan semua komponen sistem komputer tersebut. Sistem operasi dapat diibaratkan sebuah jembatan yang menghubungkan antara brainware, software aplikasi dan hardware agar dapat saling berkomunikasi.

B.   Sejarah dan Perkembangan
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan itu dapat digolongkan ke dalam empat generasi sebagai berikut ini.
Tabel 1. Perkembangan Sistem Operasi
Generasi
Tahun
Pembahasan
Sistem
Operasi
I
1945-1955
Awal perkembangan sistem operasi komputasi sebagai pengganti komputasi mekanik
-
II
1955-1965 (generasi pertama sistem operasi)
Memperkenalkan Batch Processing System (job dalam satu rangkaian)
FMS dan IBSYS
III
1965-1980
Melayani banyak pemakai, dimana para pemakai interaktif berkmunikasi lewat terminal online ke komputer
Multi-user (Banyak pengguna) dan multi-programming (banyak program
IV
Pasca 1980an
Menggunakan jaringan komputer, dimana terhubung satu sengan yang lainnya
Graphical User Interface (antar-muka)

Pada generasi selanjutnya, diperkenalkan sistem operasi berbasiskan Website.Kemudian generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak sepertiPDA, Poket PC, dan lain sebagainya.
Pada generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi sistem operasi jaringan yang sifatnya virtua sehingga dalam satu jaringan hanya dipasangsebuah sistem operasi pada perangkat yang bertugas menjadi server.Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform OperatingSystem(menggabungkan duasistem operasi berbeda) sepertiLinux dan Windows.
PC menjadi kebutuhan utama manusia saat ini kerena faktor harga yang selalu berubah dan kebutuhan manusia akan perangkat otomatis.Contoh PC bergerak yaituLaptop, Notebook, dan NetBook.Ketiga piranti tersebut juga memiliki sistem operasi layaknya PC.
C.   Macam-macam Sistem Operasi
1)    WINDOWS (MISCROSOFT WINDOWS)
Tabel 2.PerkembanganWindowsdanBasisnya
Perkembangan
Basis
Miscrosoft Corporation
Graphical User Interface (GUI), tampilanantarmuka
Windows 2.0
Graphical User Interface (GUI), Video Graphic Array  (VGA), Multi-Tasking, Processor Intel 80286 (memproteksidaerahmemori)
Windows 3.0
ditambahkartugrafis SVGA/XGA, icon yang lebihbaik, SDK (Software Devolopment Kit) untukmengembangkanaplikasi, VDD (Virtual Device Driver)  agar tidaktergantungpadaperangkatkeras
Secarasingkat
Windows XP, Windows Server 2003
FiturDomain Controller Server, (PKI) Public Key Infrastructure Server, Domain Name System (DNS) 
Windows Vista (revolusidari Windows XP)
MengutamakanInterface, AERO, Sidebar
Penggabungan Windows Vista dengan Windows Server 2003, yaitu Windows Server 2008
MeningkatkankeamnandankenyamananEnd-user
Windows 7
Menggantikekurangan Windows XP dankelebihan Windows Vista

2)    UNIX dan LINUX
Tabel 3.PersamaandanPerbedaanantaraUnixdan Linux 


Gambar
Persamaan
Perbedaan
Unix
Linux
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLg8ymwrEHpK-bkxKQanbLQccUcndtWojX2JtLc_JZcGcKGkqivKJ8QbJkrtXID06L89aQGECILe4OD8jMcsxdfEwCsyad48UEqe8XsyylsbN-RXB6r2_F5DT05tvWCecSwTcTHdTodIU/s400/unix.gif



Gambar 1.Unix
 
dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks
Kernel dankomponen-komponennyatidakbebasdanterbuka
Kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka
Gambar 2. Linux
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg37MJiCh1ukvTLJ2xY4dFIPgJJl90xRgWycwpyNjDEATTU7mgZjZrB72L8gcIDQu7UNAxS9yzpZ60BfTxddmpTOyJUFmJv_zNw2aDsTOiWPhrxIbi830WrJqUUHWZMg1Ww6QBxkSkqs0Q/s400/linux-penguin-full1_2.jpg
antarmuka pengguna grafis (GUI), berkonsentrasi pada Workstation dan Server



Mempunyaiharga
Cenderungtidakmempunyaiharga (gratis)



1)    IBM OS/2
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrJts3WjmRjBjjpSnVKALJ4DYAeeNWh1rxgAjOb5IX9D4qgn8Jd0rwezCpAesOSAPefToh1rQIWyXDi40K9MD1KzAw65Wgjm_wdoTu_zJ0cLRugXznqn9fJLSDxmevKClWv9Lal6UrfkI/s400/ibm-logo.jpg.png
Gambar 3. IBM
 
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporationsebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286, termasuk diantaranya adalah modus terproteksi (Protected Mode). Mampu menjalankan tugas secara simultan, serta mendukung memori virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu.

2)    MAC OS (MACINTOSH OPERATING SYSTEM)
Text Box: Gambar 5. Solaris Text Box: Gambar 4. Mac OShttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5uk1oCfex3SvSaNJsIZ7DK0smjjUiva_ntvGqnkYSi9wSHNG-MCIqJNRzg4Ebwu3rMGM_coiGb8pixtg6089GZgRQ8hP8XIqwzcCK2Y78Fo0xIbifseqTOCmKHjcPiw_9NoKQOErOu7I/s400/images.jpgMAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

3)    SOLARIS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2oVGLn8nnQXjYW_L1DktJLVncH4sgoaOLQ86mkp-MJgShuvtVO7e1OdHcC2rwSniSQgPd1Lv0M6N3c0-TSvIW8PPO6vTOe83vUuFeXNk6_BcSlik58jm_X_k-fOph_bLkjYw1RLjuWNo/s400/solaris_operating_system.jpgSolaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture). Solaris disertifikasi dalam spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris. Akan  tetapi,Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnyaSource untuk Installer, Desktop, danSoftware.







Anggota   :
1). Devi RatnaNindita               (09)
2). Dimas Rezki Al-Kafi             (11)
3). NatoAlamsyah                             (23)
4). TantriKurnia Y.              (29)

No comments: